Mar 16, 2009

Pembantu OH pembantaian....

"wah...emas ibu sih sedikit kalo dibanding emas saya...berlian ibu juga kecil, punya saya lebih besar dan banyak...."
"wah saya sih bersyukur bu...keluarga saya kalo beras ga pernah beli, papa saya punya sawah besaaaaarrrrr....semua berasnya dari sawah"
"
duh...bingung bu, banyak yg mau sama saya....tapi saya ga mau, blm sreg bu"

Ini semua omongan si mba, pembantu gue di rumah. Nyokap gue bilang, jangan sebut 'pembantu' karena konotasinya pembantu itu kadang 'jelek'...seperti 'merendahkan' martabat...padahal menurut gue, pembantu itu adalah orang yg MEMBANTU dan ga ada unsur merendahkan...tapi pada akhirnya gue akan menggunakan bahasa 'si mba' kr sudah terbiasa dr dulu.

Dirumah gue ada 2 mba...yang satu 'stay' namanya mba Sri...yang satu lagi pulang sore, namanya Pia.

Mba Sri ini BILANGNYA lahir taun '77, berarti sekarang umur dia 33 taun...cuman kalo dari looks, dia sekitar 45 taunlah...tua beraaaat. Mba Sri ini gendut, pendek dan wajahnya keliatan tua dengan tai lalat dibawah matanya. Mba Sri ini pinter masak, masak apa aja dia bisa dan dia juga judes kalo dikasih tau sukanya ngambek. Selalu cerita tentang majikannya yang dulu dan juga anak2 majikannya. Selalu bangga banggain mereka, ga ngerti maksudnya apa. Trus kalo ditanya, kenapa keluar dari tempat itu, jawabannya "abis ibunya punya pacar lagi jadi saya ga enak ma mas X (dia manggil tuan nya dengan panggilan 'mas' tapi manggil nyonyanya dengan panggilan 'ibu'...entah apa yg bikin beda cara dia manggil kedua tuannya itu) harus bantuin ibu boong kalo ibu pergi ma pacarnya". Belom lagi kalo dia cerita betapa sayangnya seluruh keluarga besar majikannya yg dulu sama dia....sampe2 mereka, katanya, anter jemput dia ke kampung kalo lebaran dan selalu bebas mo pergi kemana aja dia mau.
Pernah ya, saat taun baru kemaren dia bilang gini "bu, saya biasanya kalo taun baru harus ke monas...liat kembang api. Jadi saya minta ijin ya bu..."...Nah, gue kan mo 'mledaaakkkk'....dia pikir bisa seenaknya ????
Belom lagi kemarenan dia bilang lagi " bu, adek saya dateng dari Medan (kerjanya di Medan) ke kampung, biasanya kalo adek saya pulang, saya juga harus pulang. ...boleh bu ?"...entah mesti jawab apa...gue cuman bisa bilang "sekalian aja ga usah balik lagi mba...gih sana pulaaaaaaaaang"....untungnya dia nganggep gue becanda (kenpa untung ??? kr gue juga 'butuh' niiiiiii...sialan)....dia jawab lagi sambil tersipu sipu GA LUCU.... "aaaaahhhhh ibuuuuuuu..."....padahal nih si mba Sri udah gue kasih cuti tiap bulan 1 hari....lumayan lah....

Mba Sri ini punya 2 pacar, yang satu orang jawa kerja di Kalimantan...katanya udah pacaran 2,5 taun tapi blm pernah ketemu cuman telp aja. Mau ajak kawin taun depan, 2010. Pacar kedua, org jawa juga, tetangga kampung...baru pacaran 2 bulan yg lalu dan ngajak kawin juga secepatnya. Blm pernah ketemu juga baru telp aja. Dua pacarnya ini masih muda, lahir taun '83. Ceritanya si mba Sri bingung pilih antara 2 orang ini.
Trus si Pia, mba yang satunya, dengan polos bilang gini "mba, dia juga ntar bingung kali kalo dah liat foto mba hihi"....di bales ma mba Sri dengan tatap sinis dan jutek "MAKSUTMU ????"....Pia ngeloyor pergi...hahahahahhahahahah...gue ? ngakak tentunyaaaa....

Pia....masih muda, umurnya 23 taun. Anaknya baik, tinggi dan lumayan 'sekolaan'. Punya suami kerja jadi sopir di salah satu Hotel di Jakarta ini. Baru kena musibah, tabrakan. Suaminya pake motor dan nabrak -dia yg salah- Trans Jakarta di daerah kuningan. Patah tulang sana sini dan pendarahan otak. Kasian banget. entah gimana biaya operasi untuk kepala suaminya tapi alhamdulillah ada aja rejeki buat Pia. Pia kerja di 2 tempat, tempat gue pe jam 3 an trus nyambung di tempat laen pe malem. Ditempat satunya, Pia udah dibayar 1 taun penuh kedepan, maksudnya untuk nambah nambah bayar RS suaminya, jadi dia kerja tanpa bayaran 1 taun kedepan. Kasian banget yaaaa.....tapi itu salah satu usaha dia untuk nyelametin suaminya.

Pia juga ternyata lemah jantung. Setiap denger kondisi suaminya dia pingsan dan sampe di infus segala...bukan sekali dua kali dia begitu tapi setiap ada yang bikin dia kaget dia pingsan. Tapi Pia juga seorang yang tegar dan berjuang unt hidupnya.
Kemaren Pia dateng ke gue, katanya ada hal penting yang mau dia bilang.
"bu, kalo boleh saya mau berenti kerja...bulan ini mungkin bulan terakhir buat saya...saya ada tawaran kerja lain bu"...kaget sih dan sayang juga ngelepas dia. Gue tanya tawaran apa yg dia dapet, kr mungkin gue masih bisa mempertahankan dia.
" saya diterima kerja di ZARA Grand Indonesia bu...jadi SPG. Gaji saya lumayan bu"....gilaaaaaaaaaa.....gue seneng bangeeeeeetttttttt.....gue langsung bilang ma dia untuk cepetan cari orang yang bisa gantiin dia kerja di gue dan dia harus kerja di ZARA.... Dan yang lebih nyenengin lagi, dia juga disuruh berenti sama majikan yang satunya lagi dan uang yang udah mereka bayar 1 taun kedepan itu dijadiin 'uang bantuan' dari mereka....Alhamdulillah....orang baik, rejeki ga pernah kemana. Salut banget buat Pia.

Dan mba Sri ??????.....cemberut....yeeeeee siriiiiiiiiiiiikkkkkkkkkkkk.......

It is hard to be a good person coz we only a human being. But at least we try to be a good person then u'll have a good things in your life that could help you when u need it. Just remember one thing that SHIT HAPPENED TO SHIT PEOPLE....n pardon my language ;))

2 comments:

  1. Kayaknya lo ini ibu2 muda kaya yg nggak tau mau ngapain ya ? ( nggak ada kerjaan )...sampe ngomongin "Mbak" segala...
    Hmmh Pia cantik nggak ? gue naksir nih kayaknya...hehehe

    ReplyDelete
  2. Ibu ini sangat mendalami hidupnya, untuk suami, anak-anak dan juga pembokat-pembokatnya juga...:P

    ReplyDelete