Mar 23, 2009

Risk of our life....



Ga ada yang paling menyenangkan saat kita ngeliat anak kita tambah pinter setiap harinya. Kemaren dia belom bisa ngerangkak...eh, hari ini dia udah bisa ngerangkak....kok kayanya banggaaaaa gitu loh...rasa rasanya ini semua 'hasil' kerja keras gue dalam membantu anak gue 'tumbuh pinter'....padahal kalo di pikir lagi...yaaaaa kali aja emang dah waktunya dia ngerangkak......hahahahaha

Hari ini, hari pertama Mya sekolah di Tumble Tots deket rumah. Kemaren dia ikutan trial tapi takuuutttt....ga mau turun dari pelukan gue...mengkereeeeetttt kaya mangki....hihi....
Tapi hari ini dia pinteeeeeeerrrrr banget....awalnya maluuu...trus mulai main sama temen temennya...diajakin ngobrol sama 'auntie' dan 'uncle' sampe akhirnyaaaa.....mulailah dia manjat sana manjat sini....yg lebih membanggakan lagi, dia tuh dikasih tau cukup 1 kali...setelah itu dia ga perlu dikasih tau lagi kr 'langkah' nya udah bener...hebaaaaatttttt.

Ini 'ciri khas' ibu ibu...yang selalu banggain anak anak nya...padahal pasti anak laen juga begitu...sama pinternya...sama cantiknya dan sama lucunya....tapi 'membanggakan' anak adalah salah satu hal yang emang ditunggu...at least buat gue hehehehe.

Punya anak...ga pernah nyangka deh...tiba tiba udah 2 aja anaknya. Dulu setelah nikah, tiap bulan selalu kecewa kalo si 'bulan' dateng...1 bulan, 2 bulan, 3 bulan....kok ga hamil jugaaaa....sampe akhirnya tiap 'dateng bulan' selalu nangis....sampe bulan ke 8, waktu itu awal bulan puasa taun 2006...gue hamil...yaaayyyyyyy...seneng banget dan kayanya 'perempuuaaaaaaaaaaannnnn' banget rasanya.
Anak pertama lahir, 4 bulan kemudiannya hamil lagi....udah gilaaaaa....berasa kelinci deeeehhhh.

Saat gue ketemu suami gue dan memutuskan pacaran...next step was getting married. Buat gue 'tujuan' menikah adalah berbagi 'hidup' sama orang yg gue sayang...menjalani hidup bersama saat senang dan ...yaaaahhhh kalo susah juga tetep dijalanin sama sama tp mungkin pake ngomel aja....trus apa lagi sih tujuannya ??? punya anak ? bukan....punya anak bukan tujuan gue menikah...punya anak adalah 'the next step' setelah menikah....
Kenapa gue nangis sebelom gue hamil yang pertama, kr gue ga tahan pengen 'go to the next step'....tanpa gue memikirkan hal hal lainnya...seperti misalnya apakah gue dan suami dah kuat secara financial ? apakah gue dan suami sudah siap secara mental ? ga pernah gue pikirin itu...pokonya ...i just wanna go to the next step !

Orang bilang, 'rejeki mah ada aja buat anak'....duh kok kayanya 'jaman dulu' banget yah....lupa apa kalo jaman sekarang anak anak masuk pre school aja $ 800...dollar US loh dan itu cuman enrollment fee nya aja...gilaaaaa emang....untung Tumble Tots ga segitu mahalnya.....trus lupa apa kalo baju ZARA itu mahal ??? kan kita pengen yah anak kita pake baju bagus....
Jaman sekarang sama jaman dulu udah totally different...TOTALLY....jadi jangan deh spekulasi 'gimana entar'....karena sekarang harus 'entar gimana'.

Untungnya suami gue kerja dan lumayan lah kebutuhan sehari hari terpenuhi, biarpun ga berlebihan, dan UNTUNG nya lagi...bantuan mertua dan keluarga selalu ada.

Ada loh temen gue yang udah lamaaaaaa banget pacaran dan akhirnya dia nikah ma cowonya. Trus seperti biasa pasangan yang baru nikah, tuntutan pertama dari sang mertua adalah PUNYA ANAK....uugghhh ini bisa bikin stress...apalagi kalo udah 3 bulan ga hamil hamil...booooooo males ketemu mertua kalo udah begini, di tanyaiiiinnnn mulu. Ini juga jadi masalah buat temen gue tapi bukannya karna dia ga hamil loh...tapi karna dia BELOM MAU hamil dulu....padahal umur dia udah ga muda lagi loh....
Banyak banget kontra buat temen gue ini...ada yang bilang ni cewe takut badannya rusaklah...ada yang bilang ni cewe ga suka anak kecil lah...malah ada yang lebih sadis lagi bilang kalo ni cewe emang ga sayang sayang banget ma lakinya dan kawin karna buat status aja...ah prediksi orang orang kadang menyesatkan....padahal belom tentu seperti itu.

Gue ma ni cewe baru temenannya tapi lumayan udah deket lah...sering cerita cerita....dia anaknya baik tapi di satu sisi kadang dia BAD GIRL WANNA BE...hahahaha aneh yah, semua org berusaha jd baik tp dia malah kebalikannya...tp tenaaaaaaang dia ga berhasil jd BAD GIRL kr sebetulnya dia baik, cuman rese doang....
Suatu saat gue tanya masalah dia sebenernya sama HAVING A BABY itu apa....dan jawabanya bikin gue berfikir dan mencerna apa sebenarnya yg terjadi di 'jaman' sekarang ini.

Temen gue ini sebenernya sukaaaa banget ma anak kecil...dia juga pengen punya baby...dia pengen punya kegiatan jadi 'ibu' untuk baby nya. Trus dia emang concern banget ma 'bentuk tubuh' nya...biarpun dia ga tinggi langsing tapi dia 'peduli' banget. Trus apa sebenernya yang bikin dia 'menunda' ini semua ? FINANCIAL....iya...dia merasa suami dan dia belum cukup siap sama ini semua. Suami nya kerja tapi penghasilan masih 'dirasa' belum cukup untuk punya anak dan dia sendiri kerja...Dia tipe perempuan with planning...pada saat dia memutuskan punya anak, dia dan suami harus siap financial seperti 'bayangan' nya. Dia mau mencukupi kebutuhan anaknya seperti orang tuanya memenuhi kebutuhan dia dulu. Dia mau anaknya senang tanpa harus 'ber irit irit'. Dia mau sekolahin anak nya di sekolah 'bagus'...yang pastinya di Jakarta ini adalah sekolah mahal. Dia mau saat anaknya minta ini dan itu, dia bisa penuhin semuanya. Dia juga liat betapa mahalnya 'hidup' di Jakarta ini. Sekolah, makanan sehat, susu dan diapers....belom lagi kalo mau pake baby sitter atau suster buat baby.
Itu sebabnya dia selalu pasang muka cemberut kalo mertua mulai rongrong dengan pertanyaan ANAK....menurut dia, alesan seperti ini ga perlu di kemukakan sama semua orang, krn ini privasi dia dan suami. Tapi kan pertanyaan pertanyaan ini selalu membutuhkan jawaban yang kalo ga di jawab jadilah jawaban 'sendiri' yang belom tentu bener....akhirnya dia lebih memilih diam dan 'judes' dan sebodo sama pikiran orang lain tentang dirinya.

Setiap orang pasti punya pemikirannya sendiri tentang hal ini. kalo gue sendiri...gue emang menjadikan 'HAVING A BABY' impian gue, gue mau punya seseorang atau bahkan beberapa orang 'hasil' dari kasih sayang gue ma suami gue. Sekali lagi ini tanpa pemikiran rumit yang dilakukan temen gue....
Seandainya gue dan suami gue belom siap secara financial seperti 'bayangan' temen gue itu, gue akan tetep memutuskan punya anak dan akan gue besarkan anak gue sesuai dengan kemampuan gue dan suami. Entah sampai mana 'bayangan' temen gue itu tentang 'financial' yang sekiranya 'cukup' untuk punya anak....tapi kalo mau dibandingin bokap nyokap nya sih....wuuuiiiihhhhh tau deh kapan mau punya anak nya....masih jaaauuuuuuuhhhhhhh banget....hahahahahaha...ups sorry....

Tapi gue respect sama pandangan dia karena itu adalah dia bukan gue.

Its not easy to decide the important things in our life but we need to take a risk...because the moment you stop risking, you stop living.

4 comments:

  1. tahuuuuuuuuu.....i think life itself already full of risk. jadi lebih baik memikirkan apa yg bisa dilakukan saat ini dibanding mengikuti culture timur jaman dulu yg menyatakan wanita menjadi full woman jika menikah dan punya anak, get married at certain age bla bla.

    everybody take their own risk in different way.
    you take a risk by having a baby and you're happy with that but for me my motto " only listen to myself not to others" and with taking that risk (sure people will talk about me right ??? ) i'm happy with what i've already achieved.

    So you are right...everybody have different perspective and different way to handle their life

    ReplyDelete
  2. ci enenggg dahh mulaii bersekolaaah. kapan2 kita liatt yuuukk. akuu ikutt. mo liatt

    ReplyDelete
  3. True, it's a beautiful experience to tell and share
    I took the bright side of this honest story..

    *mankijojo teach us about "getting into the next step":)))

    PS: dasar Mangki:P

    ReplyDelete