Apr 29, 2009

minta...minta...mintaaaaaaa muluuuuuuu....

"mba....punya daun salam ga ???...mau dong"
"mba....minta nasi dong. Anak gue mo makan gue blm bikin nasi nih"
"mba...ini apa ? mau dong....minta buat di rumah gue yah"


Ini omongan tetangga gue setiap dateng ke rumah. Selalu minta ini dan itu....ga apa apa sih tapi kok minta mulu yah ??? dan setaipa saat gue kasih yg dia mau, dia selalu bilang "mba...ko lo baik banget sih ma gueeeeeeee".
Tetangga gue ini masih muda dan punya 2 anak...anak anak yang amat sangat nakal, sampe sampe gue harus 'bend' mereka untuk masuk ke rumah gue. Jadi kalo mau maen sama Mya, mereka cuman boleh di carport aja, ga boleh masuk rumah. Ibunya tau gue larang anak nya masuk rumah gue n she is fine with it...kr dia bilang "emang nih...anak gue anak setan, pukul aja mba "....aneh !

Obviously bukan 'contoh' yang baik untuk anak gue tapi letak rumah nya yang bener bener di depan rumah gue, membuat gue kurang bisa melarang anak gue main sama mereka. Nyebelinnya, anak gue seneng bgt manggilin mereka ...mungkin kr mereka lebih besar umurnya dan memang kan kebiasaan anak kecil yang seneng bermain sama yg lebih besar di banding yg lebih kecil ato seumurannya.

Tetangga gue ini tinggal di satu rumah mungil sama suami dan anak anaknya, kakanya ma istrinya dan adek cewenya yg super duper laki banget yang selalu bawa temen cewenya yg super duper 'cewe' bgt nginep. Kalo malem....duuuuhhhhh udah kaya warung malem aja...penuuuuhhhh dan pada ngeroko sampe asepnya bisa keliatan dari luar.
Entah gimana ibu ini membesarkan anak anak nya. Kasian banget mereka yang bajunya selalu lusuh, makanannya yg 'ala kadar' nya, ga ada disiplin....sering banget anak yg cowo masih maen layangan jam 10 malem. Heran gue....
Suaminya dulu kerja kantoran, katanya, tapi udah engga karna he is not a morning person...ooowwww pleeeaassseeeee...sedih rasanya denger jawabannya karna jelas sekali mereka perlu 'hidup' yang lebih baik yg pastinya memerlukan uang yg harus di cari sang ayah. Akhirnya dia diminta salah satu tetangga yg baik untuk mengelola warungnya. Ga sampe 3 bulan, warungnya 'babak belur'...ini 'kata kata' yg dibilang si yg punya warung...entah maksud nya 'babak belur' itu apa. Sekarang dia kerja di counter handphone. Banyak yg kasian sama keluarga ini, ga heran setiap hari semua 'nyumbang' bahan makanan untuk di masak...
Misalnya yah...ni ibu mau masak sayur asem, dia jalan tuh dari ujung ke ujung komplek ngumpulin bahan makanannya...ada kacang panjang, labu, melinjo, garem, semua deh....dan semua tetangga berbaik hati memberikan semua bahan yg dia minta. Dan dia melakukan ini 'hampir' tiap hari.

Ga ngerti apa yang ada dipikiran perempuan ini. Kenapa bisa kok dia memutuskan menikah, punya anak dengan keadaan yg seperti ini. At least dia harus nya berusaha untuk lebih baik bukannya 'cukup happy' dengan rasa kasian dari para tetangga. Selalu dia bilang kalo dia beruntung kr semua tetangga baik sama dia. Dan saat gue tanya kenapa dia ga kerja aja, jawabannya bikin gue pusing....'ga boleh ma laki gue abisan gue genit'....

First 'not a morning person' dan sekarang 'genit'....duh...kenapa ya bisa begitu....kadang gue suka bingung, gue yg 'gila' ato dia yg 'aneh' ???

3 hari yang lalu ni cewe dateng dengan baju daster nya yg super mini dan jiplak underware nya....mukanya kusut....lipstiknya masih nempel yg kayanya bekas malem kr warnanya udah ga jelas...
"mba...punya test pack ga ??? (sekarang mungkin dia pikir gue apotek, kr kemarennya lagi dia baru aja minta betadine ma odol)...kayanya gue hamil nih...bingung deh....trus laki gue ga mau tanggung jawab...katanya pasti ma orang laen kr dia kan selalu (SOWWWRRRYYYY) keluar diluar......pusing gue"
Capeeeeeeeeee..............pagi pagi, blm mandi, lagi nyuapin Ayi...ni mahluk dateng dengan statement yg bikin gue ga tau mesti jawab apa....
akhirnya gue bilang gue ga da test pack dan nyuruh dia beli aja....trus dia ga mau beranjak dr tempat dia duduk...masih keliatan bingung.
Trus dia bilang "berapa sih mba harga test pack sekarang ???"
"kalo gue hamil gimana yah ???"
"laki gue ga mau tanggung jawab lagi..."
"mba...masih punya baju baju bayi bekas Ayi ga ?...stroller bayinya buat gue ya mba...box bobonya juga...masih punya diaper bayi ga ? susu bayi ?.....bla bla bla...."

TIDAAAAAAAAAAAAKKKKKKKKKKKKK..............pengan nangis rasanya....
dan untung nya dia ga hamil !!!!

Emang bener kata temen gue yg mempermasalahkan 'punya anak ato ga punya anak dulu'....semua emang harus dipikir dulu...semua harus di planning biarpun ga harus perfect...biarpun ga harus 'kaya raya' but at least u got something to hang on....jangan nyusahin orang laen, jangan jd beban orang laen.....
Tapi disisi lain, gue merasa prihatin sama keadaan keluarga ini....mungkin ini akibatnya kurang 'pelajaran' dari orang tua mereka tentang hidup...kr denger denger, ibu bapa nya mereka dulu banyak anak tanpa memikirkan keuangan mereka sampe akhirnya mereka hrs membesarkan anak anaknya tanpa aturan dan kehidupan yang layak.

Living isn't always easy. Sometimes we all fail but we can learn from our mistakes.

8 comments:

  1. wowwwwwwwww....really that happens to you? duh ga terbayang deh direcokin gitu terus .no comment bener2 sama cerita satu ini.
    susah ya ambil resiko dalam hidup berakhir menyusahkan orang diomongin....berhati2 dalam hidup diomongin juga kurang berani ambil resiko.
    Speachless lah intinya susah tinggal di indooooo

    ReplyDelete
  2. banyak 'icam' nya ya booooo.....
    Tapi mrk 'icam' kr dia yg minta mrk unt 'icam'....

    ReplyDelete
  3. kalo bagian yang minta ini minta itu kayaknya persis seperti kelakuan adik ipar gue sama gue....hihihi...
    abis dia gak bisa liat rumput tetangga ijo dikit selalu tertarik sama barang yang kita punya....
    But the whole story...pusing juga yah punya tetangga yang seperti gitu kadang kita kesian ngeliat cara hidupnya...tapi kadang gemes juga deh ngeliat pola pikirnya.....dangkal!!

    ReplyDelete
  4. gokil juga yah anak cowonya...
    maen layangan sampe jam 10 malem..
    masih keliatan apa tuh layangan.
    penasaran gue sama tetangga elo ndut.
    kira2 siapa yg coba ngehamilin dia tapi gagal yah?
    huehehe

    ReplyDelete
  5. sumpah bo...maen layangannya di temenin ibunya lagi....gokil...nge BO gue rasa....

    ReplyDelete
  6. Kasian sih djot ... tapi lo jangan lupa priority ya ...sebel juga sih kok berani jg dia minta tolong sama lo, sekali ditolong kan jadinya terus2an tuh djot ... dikasih jari minta tangan lo ... yahh

    ReplyDelete
  7. Katanya tetangga itu lebih baik dari sodara yang jauh yaahhh.....
    tetangga juga suka bikin kita sebel tapi banyak belajar yahh...
    kita bisa liat gimana orang ngurus anak dan sebagainya:)
    Kalo nemu masalah gini, setidaknya Pudjot bisa banyak belajar yah Djot,
    gimana orang lain gedein anak nya dan gimana mereka bersikap pada sekitarnya..:))
    Nabi Muhammad SAW bilang sebaik-baiknya Umat Islam adalah yang berguna bagi sekeliling nya yaahhh....
    Jadi Pudjot sabarrrr....hehe... walau kadang empet' pastinya yahh:))
    Lebih kasian lagi orang2 yang gak kenal sekitarnya, jadi hidupnya gak se kaya dan seberwarna Pudjot yahhh...:))

    ReplyDelete
  8. nyons : heran lo mau aja temenan ma dia ndut....kalo gue jd elo sih gue judesin deh tu org...pura2 ga kenal...ganggu boooo

    ReplyDelete