Apr 27, 2009

Emosi jiwa....

"Tidur ga !!!! ayo dong neeeennnnggggg....ibu cape kalo kaya gini teruuuusssss"
"Tuuuhhhh kaaaaaannnn....apa ibu bilang....ga bisa diem sih jadinya kejeduk deeeeehhh"
"Aduh eneeeeeeng...ayi nangis lagi niiiiiiihhhhhh...diem kenapa siiiiiiiiihhhhhhh"

Ini kata kata yg SELALU ada di saat gue nidurin anak anak di malam hari....
Jahat ya....
Sahabat gue bilang " serem ya jadi anaknya si monyet...anak umur 9 bln sama 22 bln aja udah di bentak2in..."
Hiks....bukan maksut gue unt bentak...bukan maksut gue unt jahat...bukan...bukan bgt....tapi kadang gue ga cukup sabar untuk control emosi gue.

Di keluarga gue emang gue yg paling 'jelek' dalam hal mengendalikan emosi....
Gue pernah marah sama mama...(maaf mom...i never meant to hurt u) sampe gue ambil hanger dan pukul nyokap...jahat yah....gue gila ! Gue ga tau nyokap gue masih inget apa engga tp gue INGET bgt dan itu makanya gue masih suka nangis sampe detik ini kalo inget kejadian saat itu.....
Pernah juga gue marahin adek gue yg paling kecil kr dia melakukan kesalahan yg menurut gue sangat fatal....gue maki maki sampe kepala gue rasanya mau meledak....kasian dia cuman diem dan liatin gue dengan pandangan benci....
Ada juga saat gue bentak bentak client 'terbesar' gue dari brand international yg 'besar'...gue bentak dia dan bilang 'ini' salah dia....
Ada lagi saat gue tengkar sama boss gue...my big GIANT boss, gara gara gue merasa opini gue bener dan opini dia salah, padahal BOSS gue yg bener ....
Parahnya lagi....gue 'membuang' sahabat gue dari kehidupan gue kr gue merasa dia mengkhianati gue....

Cape gue mengingat emosi emosi gue yang ga tertahankan....entah kenapa gue menjadi seseorang yg punya emosi sangat buruk....
Ada temen yang bilang bahwa gue dengan emosi gue yg BURUK ini bisa bikin gue hidup 'sendiri' di dunia ini...kr semua akan menjauh dan benci sama gue.
Gue takut ini akan terjadi kr sampai detik ini gue merasa masih seperti ini.
Walaupun mama bilang gue sudah 'membaik'....lebih 'dewasa' dan mulai bisa mengendalikan emosi gue...tapi kenapa gue bisa membawa emosi ini ke anak anak gue ???
Kasian Mya dan Ayi....dia harus denger gue bentak bentak...mukul mukul lemari, meja kr gue emosi ga bisa bikin mereka tenang dan diem....Sampai saat ini gue masih mukul benda mati bukan mereka...tp sampe kapaaaannn ???? Gue takut banget kalo sampe harus jadi lebih buruk dari itu....duh jangan sampe yaaahhhh.

Tapi gue PUSING....kadang kalo malem, gue pengen istirahat, pengen nonton TV tenang, pengen liat LIPSTICK JUNGLE tanpa harus nonton re-run nya di hari besoknya....pengen makan indomie sambil nonton MONDAY LAUGH....setelah seharian gue jagain anak anak gue.
Kadang gue menyesal kenapa ga pernah bisa menyerahkan anak2 gue untuk di 'pegang' pembantu sedikit banyaknya....biarpun Ayi udah 'terlalu' banyak dipegang pembantu dan ini pun karna Mya selalu rewel kalo gue pegang Ayi lebih lama....dan untuk masalah ini pun mengganggu pikiran gue karna gue tau GA SEMESTINYA Ayi terus di pegang pembantu.
Masalahnya cuman satu....gue sepertinya ga rela anak anak gue LEBIH mencari orang lain dibanding gue....gue ga mau SHARE their love with someone else yg bukan ayahnya atau nenek neneknya ato kakenya ato bua-nya ato tante dan om nya, pokonya keluarga deket bukan pembantu.

Malem ini setelah anak anak berhasil gue suruh bobo dan sebelum gue ciumin karna merasa bersalah, gue baca tulisan temen gue di Facebook....note nya dia bikin gue sadar dan merasa gue harus lebih berusaha membuat diri gue sabar....
Note nya bagus bgt...inti dari note itu bahwa kemana pun gue melangkah, apapun yang gue lakukan akan menjadi contoh untuk anak anak gue yg selalu ada dan melihat gue...bahwa gue harus jadi 'orang yang berhati hati karna ada seorang anak kecil yang mengikutiku'....
Sedih dan menyesal karna selama ini gue bukan orang yg berhati hati untuk kedua anak gue...
Semoga gue belum terlambat untuk memperbaiki semua nya....

Mya...Ayi....ibu akan berusaha jadi ibu yang lebih berhati hati untuk menjadi CONTOH kalian....karna ibu sayang kalian....


You cannot always control your situation, but you can control your own emotion.

12 comments:

  1. hah ? lo pernah mukul nyokap ? yang bener ?* kok gw gak pernah tau sihh

    ReplyDelete
  2. dah ah...diem diem aja ya...kejadiannya waktu SMA....duh udah ah ga mau ngingetin lagi....jgn bahas loh teh...

    ReplyDelete
  3. sometimes ngontrol emosi sama anak2 kita emang suka susah ya...apalagi kalo kita berpikir lebih baik mereka dimarahin kita sebelum dimarahin or dicomplain sama orang lain, tapi terkadang kalo kita bilang dengan nada yang lebih halus ternyata lebih efektif ketimbang waktu kita marah2 gak keruan.....

    ReplyDelete
  4. Sabar...sabar Dji:)))

    The best weapon is patience:-) But Care is the must:))

    ReplyDelete
  5. iya hiks....tapi udah 2 hari ini gue 'manjadi lebih baik' kok...biarpun tetep masih ada teriakan nya hehehehe....

    ReplyDelete
  6. Tapi klo gue liat loe mah udah jauuuuuuuuh better better and better lho Djie, gini2 gue kn pernah merasakan hahahahahaha, peace ah !

    Dan prinsip loe yg bilang loe gak mau anak2 loe lebih tergantung sama org banding sama loe itu gue SETUJU banget meskipu konsekwensi nya loe harus LEBIH SABAR lagi ya Djie.....

    Kelak loe akan merasakan Buah yga bagus dari Pohon Kesabaran itu apalagi anak2 loe Akar nya akan lebih bagus lagi dan membuat diri loe bangga jadi seorang IBU dari MYA n AYI......!!!

    ReplyDelete
  7. Mya dan Ayi itu siapa...??? Mamgkijojo itu siapa...?? The Giant Big Boss itu siapa...??? Klien multinasional itu siapa...???

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. g exactly kaya elo. galak banget sama anak2 g. bkn krn mau tp krn pusing. anak2 g badung2 nya kaya monyet. di lepasin di utan pasti survide de mrk ber 2 :) even though g sadar mrk berdua nakal tp g gak minta spy mrk jd anak baik kl berdoa. g pasti bilangnya spy g bisa jd nyokap yg lbh sabar. itu gua baru sadar belakangan loh. aneh jg yah?

    ReplyDelete
  10. karna kita mau terima anak kita apa adanya...biarpun bikin PUSSSSIIIINGGGG.....but we love them for what they are....karnanya, kita mau berkorban buat mereka...jadi lebih sabar....

    ReplyDelete
  11. gimanapun gue salut sama elo...
    seenggaknya elo udah ada niat buat jadi yang lebih baik lagi.
    semoga anak-anak elo kelak bisa bangga punya nyokap kayak elo, dji...

    btw elo udah banyak berubah jadi lebih keibuan kok...

    *dua jempol buat elo*

    ReplyDelete